SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Yang Harus Dihindari Jika Ingin Baterai Laptop Awet

Halo iFriends... Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga performa laptop ialah dengan menjaga keawetan baterai. Banyak hal yang bisa terjadi apabila kamu memakai baterai yang sudah drop atau menurun kualitasnya. Untuk menjaga keawetan baterai kamu bisa melakukan cara-cara seperti di bawah ini.

 

Menggunakan laptop sampai daya benar-benar habis

Mungkin ada saatnya kamu terlalu fokus pada pekerjaanmu di dalam laptop sampai tidak memperhatikan daya laptopmu sudah melemah. Kamu benar-benar harus mengurangi kebiasaan yang satu ini. Karena jika terus-terusan membiarkan baterai sampai keadaan 0% dapat melemahkan performa baterai mu.

Lalu pada saat posisi daya berapa persen kah laptop sebaiknya di charge? Agar baterai laptop tetap terjaga, setidaknya kamu mulai mencolokkan kabel charge pada saat daya baterai berada diangka 10%.

 

Membiarkan baterai overheat atau terlalu panas

Menjalankan terlalu banyak aplikasi bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi berat, itu berimbas pada panas yang bakal melonjak tinggi. Meletakkan laptop di atas kasur atau permukaan yang tidak rata juga bisa menyebabkan overheat. Itu dikarenakan celah-celah sirkulasi udara yang tertutup.

Jagalah suhu laptopmu, salah satu caranya adalah dengan pemakaian kipas pendingin dibawah laptop.

 

Menonaktifkan laptop dalam waktu lama dengan baterai di bawah 50%

Apabila kamu harus menonaktifkan laptop dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya tetap biarkan baterai perangkat terisi. Produsen laptop dari AS, Hewlett-Packard (HP) menyarankan untuk menyimpan laptop dengan kisaran baterai 50%-70%.

 

Tetap menggunakan laptop ketika pengisian daya

Memakai laptop saat pengisian daya membuat baterai laptop Anda harus bekerja ekstra menyeimbangkan daya masuk dan daya keluar. Jika dilakukan secara berulang, maka dapat memicu terjadinya bocor pada baterai.

Menghindari penggunaan secara berlebih tentu sangat bermanfaat menjaga kinerja baterai tetap stabil. Pastikan baterai laptop memiliki waktu istirahat agar bisa terus bekerja secara optimal.

Selain baik untuk kesehatan laptop, menghindari pantangan di atas juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran akibat kerusakan pada baterai laptop Anda.

Menjaga baterai agar tetap dalam performa yang baik memang membutuhkan perhatian khusus. Namun, Anda bisa mencoba tips menjaga keawetan baterai laptop di atas.