SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Tips Merawat Kamera Agar Awet dan Terhindar dari Jamur

SewaKameraJogja.net - Kamera sekarang telah menjadi barang yang penting dimiliki oleh orang-orang. Selain kamera ponsel smartphone, banyak orang seringkali memilih membeli kamera DSLR atau Mirrorless. Kamera menjadi barang favorit yang berharga bagi orang-orang yang senang jalan-jalan. 

Biasanya kebanyakan orang lebih suka memakai kamera untuk memotret pemandangan atau momen-momen berharga. Karena kamera menyediakan settingan yang bervariasi di dalamnya. Kita juga bisa menyesuaikan mode dan lensa yang diinginkan ketika ingin mengambil gambar dengan kamera DSLR ataupun Mirrorless. Maka tak heran jika sekarang siapapun bisa menjadi fotografer.

Foto yang dihasilkan dengan kamera biasanya bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dan estetik. Namun, tidak semua orang mempelajari cara merawat kamera DSLR dan Mirrorless dengan benar. Kesalahan dalam pemakaian dan perawatan kamera bisa membuat kerusakan pada kamera.

1. Jangan menyimpan kamera terlalu lama di dalam tas setelah dipakai.

Biasanya tas kamera berbahan dasar kain atau kulit, yang lebih kuat mnyerap kelembapan udara. Sementara kamera memiliki sifat yang sensitif terhadap kelembapan. Hal ini akan berimbas pada munculnya jamur di lensa, yang akan membuat kabur pada sensor kamera. Maka anda cukup menyipan kamera disuhu ruang yang stabil, jika perlu simpan kamera di 'dry box'.

2. Letakkan 'silica gel' di dalam dry box

Silica gel bisa membantu menyerap kelembapan suhu ruangan. Biasanya ketika anda membeli dry box, akan disertai dengan silica gel didalamnya. Silica gel ini dapat anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan gunakan kamera sampai baterai kamera habis

Penggunaan kamera hingga yang memaksa baterai kamera habis bisa membuat performa kamera menjadi drop. Maka charger baterai kamera anda sebelum daya benar-benar habis. Jika anda adalah pengguna aktif kamera, belilah atau siapkan baterai extra atau pendamping sebagai cadangannya.

4. Jangan keseringan membongkar pasang lensa camera dari body

Seringnya membongkar pasang lensa ini bisa berakibat udara banyak masuk dan membawa debu ke sensor kamera, selain menjadi mudah kotor juga dapat mengakibatkan kekacauan di sensor kamera.

5. Jangan bersihkan lensa menggunakan kain baju atau kain sembarangan.

Lensa kamera sebenarnya sudah memiliki optik anti lengket debu, yang dapat memudahkan debu di bersihkan. Hanya dengan ditiup debu yang menempel pada optik lensa kamera dapat hilang dengan sendirinya.