SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Penting! Ini Sejarah Penemuan Kamera Pertama di Bumi

Penggunaan kamera sampai detik ini sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan. Hampir setiap momen kita abadikan dengan kamera, baik foto maupun video. Ketergantungan manusia terhadap teknologi kamera semakin hari semakin luas. 

Tak heran jika para produsen sangat serius dalam mengembangkan teknologi kamera. Dari tahun ke tahun selalu ada generasi baru dengan teknologi dan kualitas yang semakin mengagumkan. 

Bukan hanya pada kamera profesional saja, perkembangan kamera juga terlihat nyata dalam keluaran smartphone setiap tahunnya. Setiap smartphone keluaran baru akan mengusung kamera dengan berbagai teknologi canggihnya. Bahkan kamera saat ini sudah bisa di dukung dengan teknologi AI, sehingga bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.

Lalu bagaimana sejarah penemuan kamera pertama di bumi? Siapa yang berjasa menemukan teknologi yang sangat bermanfaat pada zaman ini? Sejak pertama kali ditemukan, kamera sudah mengalami beberapa evolusi hingga saat ini.

Apakah kamu tahu? Kamera pertama di bumi ternyata ditemukan oleh seorang cendekiawan muslim bernama Abu Ali Al-Hasan Ibn Al-Haytham atau sering dikenal dengan Al-Hazen pada abad ke 10. Al-Hazen juga merupakan orang pertama yang mempelajari cara kerja mata manusia. 

Pada serangkaian percobaannya, Al-Hazen menggunakan ruang gelap, atau ia beri istilah Al-Bayt Al-Muthlim. Hingga tercipta lah kamera yang dikenal dengan sebutan kamera Obscura, atau kamera lubang jarum. Yaitu kamera yang menggunakan cahaya utuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar. 

Namun Al-Hazen sendiri tidak pernah menyatakan bahwa dirinya lah penemu pertama kamera. Itu karena seorang filsuf China bernama Mozi sudah menjelaskan ide awal kamera sejak 400 tahun sebelum masehi. Konsep kamera obscura untuk memahami prinsip optik pun sebelumnya telah ditulis oleh filsuf Yunani, Aristoteles.

Selanjutnya, ilmuan asal Perancis bernama Joseph Nicephore Niepce, pada tahun 1827 mengembangkan gambar foto dengan kamera Obscura. Berkat ilmuan Perancis inilah tercipta cikal bakal gambar fotografi yang bersifat permanen.

Dari penemuan tersebut, kamera terus mengalami perkembangan hingga bisa diterapkan untuk berbagai keperluan. Seperti pembuatan film, perangkat tambahan pada smartphone, dan masih banyak lagi.