SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Memotret Dalam Kondisi Kurang Cahaya, Ini 7 Tipsnya!

Halo iFriends, kali ini saatnya bagi-bagi tips lagi ya. Khususnya untuk kamu yang masih pemula atau baru awal menekuni dunia fotografi.

Fotografi adalah seni dalam menangkap momen-momen indah dalam hidup kita. Namun, seringkali kita mendapati bahwa kondisi cahaya tidak memadai untuk menghasilkan gambar yang bagus. 

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips memotret dalam kondisi kurang cahaya agar hasil fotografi mu tetap terlihat bagus.

 

Pilih mode manual pada kamera

Mode manual memungkinkan kamu mengatur ISO, shutter speed, dan aperture secara manual. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam kamera dan menyesuaikan dengan kondisi kurang cahaya. Kamu dapat menyesuaikan ISO pada kisaran 800-1600 untuk kondisi kurang cahaya dan menyesuaikan shutter speed dengan cepat untuk menghindari blur pada gambar.

 

Gunakan tripod

Kondisi kurang cahaya seringkali membutuhkan waktu lama untuk menangkap gambar. Oleh karena itu, menggunakan tripod akan membantu memastikan gambar tetap stabil dan tidak terjadi blur. Kamu juga dapat menggunakan remote shutter release untuk menghindari getaran ketika menekan tombol rana pada kamera.

 

Gunakan sumber cahaya tambahan

Kamu dapat menggunakan sumber cahaya tambahan seperti lampu kilat atau lampu sorot untuk menambahkan cahaya pada gambar. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lampu kilat atau lampu sorot dapat membuat gambar terlihat lebih cerah dan membuat bayangan yang terlihat tidak alami.

 

Gunakan lensa dengan aperture besar

Lensa dengan aperture besar (kecil f-stop number) memungkinkan cahaya masuk ke dalam kamera dengan lebih banyak. Hal ini membantu kamu untuk memotret dalam kondisi kurang cahaya dengan lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa lensa dengan aperture besar biasanya lebih mahal daripada lensa dengan aperture kecil.

 

Cari sumber cahaya alami

Cari sumber cahaya alami seperti lilin, lampu jalan, atau lampu neon untuk menambahkan cahaya pada gambar. Hal ini dapat menciptakan efek yang unik dan menarik pada gambar mu.

 

Ubah setting kamera

Jika kamu menggunakan kamera smartphone, cobalah untuk mengubah setting kamera seperti mengaktifkan mode malam atau mode low light. Kamera smartphone modern biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur ini untuk membantu mu memotret dalam kondisi kurang cahaya.

 

Edit gambar

Terakhir, kamu dapat menggunakan software editing gambar seperti Adobe Lightroom atau Photoshop untuk mengedit gambarmu. Kamu dapat menyesuaikan exposure dan kontras pada gambar untuk membuatnya terlihat lebih terang.

 

Demikianlah beberapa tips memotret dalam kondisi kurang cahaya. Dengan mempraktikkan tips-tips ini, Kamu akan dapat menghasilkan gambar yang bagus bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Semoga bermanfaat yaa.