SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ketahui 4 Tips Memotret Berikut Ini Agar Tidak Salah Fokus

Apa kamu baru saja belajar dan ingin mendalami fotografi? Atau kamu seorang yang masih awam dengan fotografi dan kamera. Tentu sangat wajar apabila kamu masih kerap melakukan kesalahan saat memotret. Kesalahan yang paling sering terjadi pada pemula biasanya adalah salah dalam menentukan titik fokus.

Seorang pemula biasanya menjadikan mode autofocus ini sebagai andalan, apapun situasi dan kondisinya saat memotret. Bila dalam situasi yang pas, mode ini memang sangat bisa kita andalkan untuk mengambil foto. Akan tetapi sering juga terjadi kesalahan-kesalahan kecil karena penggunaan mode autofocus ini. Sehingga menyebabkan titik fokus menjadi meleset.

Supaya tidak terjadi kesalahan fokus pada saat mengambil gambar, berikut ini ada tips-tips yang bisa kamu praktikkan. 

1. Tombol shutter ditekan setengah sebelum memotret

Langkah pertama seting kamera untuk beroperasi dalam mode autofocus. Kemudian bidik objek yang ingin kamu ambil fotonya. Saat sudah mendapatkan momen objeknya, tekan dan tahan setengah tombol shutter pada kamera. Setelah momennya kamu rasa sudah tepat, segera tekan tombol shutter secara full. 

2. Dari autofocus alihkan ke manual focus

Yang harus kamu lakukan pertama adalah setting kamera dalam mode autofocus seperti biasa. Lalu setelah fokus berada dititik yang kamu inginkan, geser mode kamera ke manual focus. Dengan cara ini maka titik fokus kamera akan tetap dan tidak bergeser-geser. Teknik ini cocok dipakai saat kamu menggunakan tripod dan melakukan multiple exposure dalam titik yang sama.

3. Bila ada, gunakan tombol autofocus di belakang kamera

Kamu juga bisa mencoba dengan menggunakan tombol back-button, kamu hanya perlu mengatur autofocus ke center, kemudian arahkan kamera ke objek yang ingin kalian bidik, dan tekan tombol back-button autofocus untuk mengunci fokus ke titik tersebut secara otomatis, kamera tidak akan lagi menentukan fokus secara acak pada bagian background.

4. Manfaatkan viewfinder agar lebih jelas

Dengan penggunaan viewfinder membuatmu bisa melihat frame yang kamu bidik dengan lebih detail. Terkadang mempercayakan tampilan bidikan pada layar saja belum cukup. Detail-detail kecil kadang kurang terlihat apabila mengandalkan layar kamera saja. Apalagi kamera menggunakan layar yang kualitasnya rendah. Tentu menggunakan viewfinder merupakan tips yang sangat direkomendasikan.