SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ini 5 Tips Jitu Mengatasi HP Kemasukan Air

Pernahkah kamu mengalami kejadian buruk pada HP mu? Seperti misalnya HP jatuh di kolam renang atau HP mu kehujanan. HP kemasukan air dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalamnya. Kemungkinan lebih parah lagi HP mu bisa tidak bisa dihidupkan kembali. 

Kamu mungkin bisa bersikap santai apabila HP mu sudah dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu. Akan tetapi masalahnya fitur tersebut sering kali hanya terdapat pada HP kelas flagship saja. Nah, jika HP mu belum dilengkapi dengan fiitur tahan air dan debu, lantas apa yang harus kamu lakukan?

Tenang saja, jangan panik dulu jika kamu mengalami kejadian HP yang kemasukan air. Tidak usah panik dan buru-buru membawa HP mu ke tukang servis. Kamu bisa terlebih dulu melakukan tips-tips mengatasi HP kemasukan air berikut ini. 

 

Matikan HP dan lakukan pengeringan 

Cara mengatasi HP yang kemasukan air, pertama-tama mematikan atau nonaktifkan HP mu sesegera mungkin. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang tidak kita inginkan pada komponen perangkat kita. Karena barang elektronik sangatlah riskan apabila sampai basah terkena air.

Lepaskan komponen-komponen di perangkatmu

Setelah HP berada pada posisi nonaktif, selanjutnya bisa kamu lepaskan komponen-komponen seperti kartu SIM dan kartu memori. Lepaskan juga cassing dan baterai jika mudah dilakukan. Ini dimaksudkan agar komponen-komponen tersebut dapat dikeringkan dengan baik. Juga air yang terjebak didalam perangkat dapat lebih mudah menguap keluar.

Keringkan HP dengan lap kering 

Gunakan lap kering untuk mengatasi HP yang kemasukan air. Terutama pada bagian LCD dan sela-sela pada cassingnya. Karena akan berbahaya bila layar LCD dibiarkan terlalu lama dalam kondisi lembab. Bisa mengakibatkan timbulnya flek-flek hitam pada layar LCD. 

Hindari menggunakan Hair Dryer

Tidak disarankan menjemur HP dibawah sinar matahari langsung. Tidak baik juga mengeringkan HP menggunakan hair dryer. Sinar matahari ataupun hair dryer dikhawatirkan memberikan suhu yang terlalu panas. Ini justru berpotensi merusak komponen-komponen perangkatmu.

Gunakan saja silica gel

Seperti yang diketahui bahwa silica gel memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan. Sehingga ini mampu untuk menyerap kelembapan pada HP yang baru saja kemasukan air. Masukkan saja HP mu ke dalam tumpukan silica gel. Diamkan selama 2-3 hari. Setelah itu angkat dan coba nyalakan kembali HP mu.