SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Ini 5 Prinsip Dasar Yang Harus Dikuasai Seorang Fotografer

 

Fotografi mempunyai peran dan dampak yang cukup besar dalam gaya hidup manusia saat ini. Bagi sebuah kemajuan bisnis, fotografi sangat berdampak dalam meningkatkan citra perusahaan di halaman situs website, dan kualitas materi pemasaran dari apa yang ingin kamu jual. Sayangnya tidak semua orang mengetahui teknik dasar fotografi untuk menghasilkan foto yang berkualitas. 

Untuk menghasilkan sebuah foto yang berkualitas, tentu membuhkan bantuan dari orang yang memiliki ketrampilan dan pengetahuan tentang fotografi. Paling tidak, mengetahui tentang prinsip dasar fotografi yang menunjang kualitas hasil foto.
Untuk membuat hasil foto yang lebih menarik, berikut ini kami berikan informasi seputar prinsip-prinsip dasar fotografi agar kualitas foto yang dihasilkan bisa sesuai dengan ekspektasi.

1. Keseimbangan

Keseimbangan, artinya kamu bisa menyatukan beberapa objek ke dalam satu frame dengan fokus yang jelas dan enak dipandang. Jika ingin mencari keseimbangan saat memotret, cobalah menggerakkan kamera untuk menemukan perspektif yang berbeda. Jangan takut untuk sedikit bereksperimen terhadap fotomu.

2. Kontras

Kontras merupakan prinsip dasar yang harus dibuat ketika terdapat lebih dari satu elemen warna yang tertangkap di kamera. Katakanlah terang dan gelap, atau suasana hangat dan dingin. Prinsip kontras ini juga termasuk di dalamnya unsur-unsur fisik misalnya seperti tekstur. 

3. Pola Sebagai Prinsip Fotografi

Pola merupakan prinsip dasar fotografi yang didasarkan pada seni serta desain. Memasukkan pola ke dalam fotografi sama artinya dengan mengeksplorasi hal-hal baru. Kamu bisa coba mencari inspirasi pola di sekitarmu untuk memperluas sudut pandang.

4. Harmoni

Harmoni dapat tercipta saat ada beberapa elemen dalam sebuah gambar yang mempunyai kemiripan dan saling berkaitan. Harmoni akan mampu membentuk elemen-elemen tersebut menjadi satu entitas yang indah. Prinsip dasar fotografi satu ini pasti selalu diterapkan oleh para penyedia jasa fotografer profesional untuk menghasilkan karya yang bisa menarik perhatian konsumen ketika melihatnya.

5. Kesatuan

Prinsip kesatuan menggambarkan hubungan visual yang erat antar elemen-elemen dalam satu frame gambar. Misalnya menggunakan warna yang senada dalam sebuah konsep fotografi untuk menimbulkan kesan persatuan di dalamnya.