SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

Berikut Ini 5 Tips Memotret Ketika Cuaca Sedang Hujan

Adakah diantara kalian yang hobi banget memotret? Tentu saja untuk kamu yang punya hobi memotret, apalagi memotret outdoor bakal sangat merasa was-was dengan kondisi cuaca. Apakah cuaca akan hujan, panas, mendung, berkabut, dan sebagainya. 

Seperti apa kondisi cuaca, memang sangat mempengaruhi hasil foto. Jika kita bisa memanfaatkan momen cuaca dengan maksimal maka akan menghasilkan foto yang dramatis, apalagi ketika hujan. Namun juga membutuhkan perhatian ekstra terhadap kondisi cuaca dan peralatan fotografi kamu. Berikut ini beberapa tips untuk memotret ketika cuaca hujan:

1. Gunakan pelindung kamera 

Pertama kamu harus memastikan kamera mu terlindungi dengan baik dari air hujan. Kamu punya beberapa pilihan untuk melindungi kamera mu, Misalnya dengan rain cover khusus hingga kantong plastik transparan yang bisa diikat di sekitar kamera.

2. Cari sumber cahaya 

Ketika hujan, cahaya alami mungkin menjadi lebih redup. Cobalah untuk mencari sumber cahaya yang terang misalnya saja lampu jalan atau cahaya latar dari gedung-gedung, untuk membantu menerangi objek yang ingin kamu foto.

3. Gunakan efek refleksi

Hujan mampu menciptakan permukaan reflektif yang menarik, seperti genangan air atau jalanan yang basah. Cobalah untuk mencari refleksi menarik untuk menambah komposisi frame kamu. Apabila berhasil menemukan refleksi yang tepat, maka hasil fotomu akan tampil sangat memukau.

4. Atur kecepatan rana dan ISO

Ketika kamu memotret di kondisi yang minim cahaya, kamu juga perlu menyesuaikan kecepatan rana dan ISO agar gambar tetap terlihat jelas. Cobalah untuk menjaga ISO dalam angka sekecil mungkin agar gambar tidak noise.

5. Jangan lupa membawa tisu

Selalu siap dengan tisu atau lap halus, ini digunakan untuk membersihkan kamera dari tetesan air hujan yang mungkin tidak sengaja menempel di lensa atau bagian kamera lainnya. Jangan biarkan ada air yang lama menempel di bodi kamera. Apabila sampai dapat masuk ke dalam mesin, dapat menyebabkan karat dan gangguan lainnya.

Semoga tips di atas bermanfaat dan kamu bisa memotret di saat hujan dengan lebih percaya diri dan mendapatkan gambar yang menarik serta berkualitas.