SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

5 Tips Memotret Milky Way Dengan Sempurna

Sewakamerajogja.net - Alam selalu bisa membuat kita takjub, termasuk dengan keindahannya. Salah satu keindahan yang sangat mengagumkan adalah keindahan langit malam yang bertabur bintang-bintang sehingga kadang ingin rasanya kita abadikan ke dalam sebuah foto. Keinginan tersebut bisa kamu wujudkan dengan beberapa trik lho.

Yang pasti kamu butuh sebuah kamera untuk memotret malam yang indah itu. Untuk membuat hasil jepretan yang mengagumkan, tidak bisa di lakukan dengan cara memotret biasa. Kamu perlu beberapa tips berikut ini untuk membuat foto cantik, atau yang terkenal dengan istilah milky way. 

1. Kamera Yang Mendukung Manual Mode

Untuk bisa mendapatkan hasil bagus sesuai harapan, kita perlu menyiapkan kamera yang bisa disett ke manual mode. Paling bagus menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Namun tak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan kamera HP. Asal catatannya bisa disetting ke manual mode.

2. Temukan Tempat Yang Benar-Benar Tidak Tercemar Cahaya Lampu

Agar langit indah yang kamu bidik dapat terpotret dengan baik, sebaiknya carilah tempat yang benar-benar bebas dari cahaya lampu. Bisa ke pantai atau ke daerah pegunungan jika memungkinkan. Dengan tidak ada gangguan dari cahaya lampu jalan, rumah, seperti di perkotaan maka akan lebih terlihat cahaya bintang-bintang di langit.

3. Wajib Menggunakan Tripod

Memotret milky way pasti menggunakan shutter speed yang rendah. Alangkah tidak baik bila kamu hanya memegang kamera dengan tangan kosong. Karena pasti akan menghancurkan hasil bidikanmu. Hampir mustahil tanganmu bisa memegang kamera secara stabil. Maka kamu perlu menyediakan tripod agar kamera mu bisa stabil.

4. Setting ISO, Shutter Speed, dan White Balance

Perlu kamu cari settingan yang pas agar objek tidak over exposure. Cari perpaduan settingan ISO, Shutter Speed, Diafragma dan Wide Balance agar hasilnya nampak cantik. Kamu bisa coba Shutter Speed 20 - 25 detik, ISO diangka 1000 - 1250, gunakan diafragma terbesar di lensa mu misal f/2.8. jangan lupa juga sett format file ke RAW.

5. Finishing

Setelah berhasil mendapatkan foto milky way yang kamu anggap bagus, sekarang tinggal fase terakhir yaitu finishing. Kamu bisa memasukkan foto tadi ke aplikasi editing seperti photoshop, lightroom, dll untuk menambah cita rasa fotomu. 

Jika membutuhkan kamera atau peralatan pendukung lainnya, hubungi saja IFrame Jogokariyan. Kami siap melayani sewa kamera Jogja dan sekitarnya untuk membantu dan memudahkan pekerjaan mu.