SewaKameraJogja.net berfungsi paling baik dengan JavaScript diaktifkan

3 Tips Fotografi Makro yang Bikin Anda Jadi Profesional 

Halo sahabat Ifriends... Kali ini bahasan kita adalah tentang tips fotografi Makro. Fotografi makro banyak di minati karena menghasilkan gambar yang tajam dan fokus pada sebuah objek. Bagaimana tips fotografi makro yang bisa kamu terapkan? Berikut pembahasannya.

Fotografi makro sendiri ialah teknik untuk melakukan fotografi dengan jarak sangat dekat terhadap objek foto. Biasanya teknik ini digunakan untuk memotret objek kecil seperti serangga, kupu-kupu, atau bunga.  

Fotografi makro memiliki tujuan agar dapat menghasilkan gambar yang tajam. Kamera yang digunakan untuk mengambil fotografi makro biasanya jenis DSLR dan mirrorless karena sensornya relatif lebih bagus. Biasanya rasio kamera yang digunakan sebesar 1:1.

Ingin belajar tentang fotografi makro dan langsung praktik dilapangan? Berikut ini 3 tips Fotografi Makro untuk Anda.

1. Memilih lensa terbaik

Gunakan lensa yang dapat menghasilkan gambar dari jarak dekat. Contoh lensa yang bisa digunakan ukurannya 50-60 mm. Bila ingin gambarnya lebih tajam dan detail, sebaiknya menggunakan lensa ukuran 100 mm. Kamera dengan lensa 100 mm dapat menghasilkan gambar hewan bergerak yang tajam. Misalkan Anda mengambil gambar kupu-kupu terbang, pasti hasilnya lebih tajam dan tidak blur.

2. Mengatur titik fokus

Berikutnya dalam tips fotografi makro adalah mengatur letak titikk fokus. Kegiatan ini sangat penting karena mengatur titik fokus dengan tepat menyebabkan hasil bidikan gambar terlihat detail dan dramatis. Anda bisa mengambil gambar menggunakan bukaan aperture yang tinggi, namun fokusnya harus dirubah menjadi jarak beberapa mm supaya efeknya berbeda.

Kalau kamu belum punya stok lensa yang mendukung, silakan sewa lensa di IFrame. Chat admin klik di sini kak.

3. Eksperimen dengan jarak

Fotografi makro memang mengambil foto dengan jarak yang dekat, tetapi jarak tersebut tergantung pada keputusan Anda. Dekatkan kamera Anda ke objek foto, lakukan perbesaran mulai dari kecil hingga sangat besar.

Pastikan gambar hasilnya bagus dengan cara mengambil beberapa gambar dalam waktu yang singkat. Review hasil eksperimen jarak pemotretan Anda melalui galeri kamera.

Nah itulah tips fotografi makro yang bisa Anda gunakan. Tips di atas hanya sebagian kecil saja dari kiat-kiat untuk melakukan fotografi makro dan masih banyak lagi hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan hasil foto. Semoga bisa bermanfaat untuk hasil foto yang lebih baik.

Blog Lainnya